Mendorong tumbuhnya wirausaha muda dan industri kreatif kolaka utara

08.10
Kecenderungan pemuda selepas mengenyam pendidikan, baik lulusan sekolah menengah maupun pendidikan tinggi adalah mencari kerja. Hanya sedikit dari mereka yang ingin langsung terjun untuk berwirausaha. Apakah  karena memang anak bangsa ini dididik hanya untuk mencari kerja?

oleh karena itu orientasi kita kedepan adalah terciptanya kesempatan bagi pemuda untuk berwirausaha. Sehingga pemuda di kolaka utara  tidak melulu harus mencari kerja selepas mengenyam pendidikan. Namun dengan terbukanya secara lebar-lebar kesempatan berwirausaha bagi pemuda kolaka utara maka sikap, mental, dan cara berpikirnya sudah berubah untuk bagaimana menjadi anak bangsa yang mandiri melalui fase penting memulai berwirausaha.

Yang menjadi permasalahan adalah, ide, ide bagaimana menciptakan bisnis yang menghasilkan profit yang berbasis potensi daerah kita kolaka utara dengan potensi perkebunan,pertanian tanaman pangan,pertambangan dan berbagai potensi lainnya yang akan kita dukung untuk lahirnya wirausaha dan industri kreatif. saat ini diperlukan pengembangan sumber daya manusia yang sadar akan pentingnya berwirausaha, mengembangkan usaha kecil menengah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Untuk meransang para anak muda untuk berwirausaha maka ide ide kreatif pemerintah kolaka utara kedepan bisa dituangkan dalam bentuk kompetisi wirausaha muda yang kita namai industrial Young Enterpreneur Competition . Sebuah ajang kompetisi bagi anak muda muda untuk menuangkan ide berbisnisnya dalam sebuah business plan, dengan mengangkat potensi berbasis lokal.



Dalam kompetisi ini, para peserta juga diminta untuk menciptakan business plan yang berbasis potensi lokal, yakni mengangkat dan mengolah potensi yang ada di daerah sekitar tempat tinggal mereka. Karena itulah kegiatan ini menitik beratkan pada kegiatan industri, dengan tujuan agar  terjadi sebuah proses ekonomi yang berkelanjutan. “Jika potensi lokal setiap daerah terangkat,maka perekonomian masyarakat di setiap daerah juga akan meningkat,..sehingga lahir lah anak anak muda yang berpikir enterpreunership yang mampu menbuka lapangan kerja.

Harus ada political and good will yang diaplikasikan dalam kebijakan anggaran  untuk menciptakan wirausahawan muda.

kebijakan yang memikirkan pendirian lembaga perbankan untuk Pemuda atau lembaga keuangan non perbankan yang khusus untuk melayani nasabah dari kalangan pemuda atau wirausahawan baru. Atau mendorong agar lembaga keuangan dapat memberikan porsi yang seluas-luasnya  untuk mengucurkan kreditnya bagi wirausahawan muda dengan persyaratan yang lebih mudah.sehingga semua program kita dalam rangka menciptakan wirausaha muda dan industri kreatif terwujud dengan sinergi semua komponen yang ada dikolaka utara.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
18 Januari 2016 pukul 20.45 delete

Mitra PayTren manfaatkan HP dari segi pengguna yg tak pernah terpikirkan jadi penghasilan luarbiasa

Bersama kami saling SUPPORT kerja TEAM di bisnis Ustadz Yusuf Mansur

Manfaatkan kesempatan ini kita lahirkan bersama komunitas KOLAKA UTARA yg selalu mengedepankan informasi perkembangan bisnis era global pasar bebas

Informasi lebih lanjut PIN 53DB48FA WA. 082293905291 www.PaytrenCommunity.com/Success

Reply
avatar