LAYANAN KESEHATAN KOLAKA UTARA BERBASIS PARTISIPASI AKTIF MASYARAKAT

17.56

Salah satu inovasi layanan kesehatan masyarakat kolaka utara kedepan ialah menberdayakan peran serta masyarakat dalam bentuk kader kesehatan yang nantinya Kader kesehatan bertugas seperti telik sandi yang mencari informasi warga yang mengalami sakit. Sakit apa saja. Termasuk, mendata ibu yang sedang hamil hingga akan melahirkan. Karena sering terjadi di wilayah terpencil, ibu yang akan melahirkan sulit mendapat penanganan yang cepat.

Ketika ada warga yang sakit, kader kesehatan melakukan jemput bola dengan menginformasikan kepada tenaga medis di desa masing-masing. Bisa ke mantri kesehatan,bidan desa,atau perawat di ponkesdes (pondok kesehatan desa) yang juga akan kita bentuk merata diseluruh wilayah kolaka utara kedepan.

Dan nantinya untuk memberikan informasi kepada tenaga medis,kader kesehatan tidak perlu repot. Sebab,dinas kesehatan kolaka utara telah menyediakan program SMS Gateway yang kita sediakan mengngat layanan telekomunikasi yang menjangkau rata kedepan. Setelah informasi itu masuk ke tenaga medis di desa, kader kesehatan bertugas melakukan home visit bersama tenaga medis.
Inovasi setidaknya akan menjadikan sebuah pelayanan kesehatan menjadi lebih cepat, efisien dan transparan serta layanan yang semakin mudah, murah,terjangkau,dan merata.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »