Mengembalikan kejayaan kolaka utara sebagai kabupaten kakao

07.26
Kakao adalah salah satu tanaman ekspor yang mempunyai nilai profit cukup tinggi, kebutuhan dunia yang terus meningkat harusnya menjadi momentum bagi petani kakao di kolaka utara bersemangat dan fokus dalam mengolah lahan pertaniannya sehingga nilai ekonomis tanaman kakao ini dapat dirasakan oleh para petani khususnya petani kakao di kolaka
 utara. Untuk mendukung upaya tersebut, semua elemen harus bersinergis baik itu pihak pemerintah, petani maupun pihak swasta yang selama ini memang fokus dibidang kakao

 komoditi kakao merupakan salah satu tanaman pangan dunia, menurut data yang ada, Indonesia adalah podusen terbesar ketiga setelah pantai gading dan ghana. Potensi tersebut harus dimanfaatkan kolaka utara karena jumlah lahan yang ada sangat memungkinkan.

kendala pengusahaan tanaman kakao ini berhadapan dengan persoalan sustainabilitas produksi yaitu upaya untuk mempertahankan produktivitas yang optimum dalam proses produksi tanaman tahunan penghasil uang tunai (cash crop) ini.Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan kebun Kako Rakyat menghadapi tantangan yang cukup besar dalam mempertahankan kestabilan produksi dan keadaan tanaman perkebunan rakyat tersebut. Indikasi ini terlihat dari penurunan hasil panen buah kakao yang terus menurun . Hal ini disebabkan hampir70% tanaman kakao terserang hama dan penyakit, dan makin menurunnya perhatian masyarakat terhadap kebun kakaonya.Di samping itu,belum adanya tindakan pencegahan atau upaya-upaya para pihak dalam penanggulangan hama dan penyakit.

Guna mengembalikan kejayaan Kolaka utara sebagai sentra produksi kakao, kedepan kita telah memiliki sejumlah strategi diantaranya melalui intensifikasi kakao.
sehingga masa keemasan kakao kolaka utara sebagai primadona ekspor akan kita kembalikan,dengan kerjasama aktif antara pemerintah dan masyarakat petani kakao kolaka utara.







Artikel Terkait

Previous
Next Post »